Salah Transfer??? Jangan Panik Dan Lakukan Cara Ini

Kejadian salah transfer merupakan momok yang menakutkan bagi semua orang. Meski kemungkinannya sangat kecil terjadi, namun hal tersebut bisa saja menimpa semua orang tanpa terkecuali.

Salah transfer umumnya terjadi karena kita melakukan transaksi dengan tergesa-gesa, sehingga kita kurang teliti saat cek konfirmasi pengiriman. Yah mau bagaimana lagi, manusia tempatnya salah dan lupa.

Nah jika saat ini anda sedang mengalami salah transfer, jangan panik dan coba lakukan langkah dibawah ini.

Membuat Laporan Ke Bank

Segera hubungi bank penyedia rekeningmu melalui Call Service atau Langsung Ke Cabang Terdekat dengan membawa data yang diperlukan.

Apa saja data yang diperlukan untuk membuat laporan salah transfer?

  • KTP dan Buku Tabungan
  • Bukti Transaksi Salah transfer berupa struk atau Foto.

Pada proses ini anda akan diminta untuk menceritakan kronologis dan kejadian salah transfer tersebut.

Semakin cepat laporan dibuat akan semakin baik, karena jika anda salah transfer ke sesama rekening, biasanya bank akan memblokir dana tersebut agar tidak digunakan oleh pemiliknya.

Selanjutnya bank akan menegosiasikan kepada pihak penerima untuk bersedia mengembalikan dana tersebut kepada anda.

Menunggu Verifikasi Dari Bank

Setelah anda melaporkan kejadian tersebut, anda akan diberi nomor pelaporan dan diminta menunggu proses pemeriksaan dari pihak bank. Proses ini umumnya memakan waktu 1-7 hari kerja.

Proses ini akan sangat mengganggu pikiran. Pasalnya, pihak bank tidak dapat menjamin sepenuhnya bahwa uang anda akan kembali. Jadi lebih baik anda banyak berdoa agar pihak penerima uang tersebut dibuka hatinya.

Hal Lain Yang Mungkin Membantu.

Coba cek kembali nama yang tertera di nomor rekening tersebut, coba diingat apakah anda pernah mengenal orang tersebut atau tidak.

Jika anda mengenalnya, mintalah tolong kepada orang tersebut secara baik-baik untuk mengembalikan dana tersebut kepada anda.

Beritahukan kronologis salah transfer kepada beliau dan berilah penjelasan bahwa dana tersebut sangatlah penting bagi anda (Cara ini sering kali berhasil).

Pengalaman Pribadi Penulis, Salah Transfer Ke Rekening Perusahaan

Jika anda salah transfer ke perusahaan. Cobalah untuk mencari kontaknya di google. Hal ini didasarkan dari pengalaman pribadi Penulis.

Saya pribadi pernah mengalami salah transfer ke rekening virtual permata. Saat itu tepatnya ke PT. adhimix precast.

Setelah menyadari kesalahan transfer, saya segera mencari informasi perusahaan tersebut dan mencoba menghubunginya melalui live chat. Beruntung sekali CS nya sangat baik.

Saya diminta mengirimkan bukti salah transfer via email, setelah menunggu proses pemeriksaan akhirnya dana saya kembali setelah 5 hari kerja.

Lalu bagaimana jika salah transfer ke orang tidak dikenal? Jika Anda tidak mengenal orang tersebut satu-satunya jalan adalah bersabar menunggu hasil laporan anda dari bank.

Pencegahan Agar Tidak Salah Transfer

Berikut beberapa langkah pencegahan agar kita terhindar dari salah transfer.

  • Mengetahui nama lengkap calon penerima transfer dana.
  • Selalu cek ulang kesamaan nama penerima transfer dana yang anda tuju.
  • lihat dengan teliti nomor rekening penerima, pastikan sesuai dengan nomor rekening tujuan.
  • Hapus nomor rekening tersimpan yang sudah tidak diperlukan jika anda menggunakan internet banking.

Penutup

Pengalaman tidak menyenangkan seperti salah transfer harusnya dapat menjadi pelajaran berharga untuk kita, terutama agar lebih berhati-hati saat melakukan transaksi di kemudian hari.

 

Bossulo

Memulai hal baru adalah pekerjaan Utama saya....

Tinggalkan Balasan