3 Sikap bijak mengatasi hutang

Apakah Anda sedang Terjebak oleh masalah “HUTANG” jika Benar ada baiknya Anda membaca Artikel ini.

Untuk melunasi hutang tentulah dibutuhkan sebuah komitmen yang tinggi dan kerja yang cukup extra, apalagi jika Anda menanggungnya pada saat keuangan Anda sedang buruk. Itu merupakan kondisi yang sangat sulit di bayangkan oleh siapapun.

Terlepas berapapun jumlah hutang Anda, Yakinlah, semua Orang pasti memiliki peluang yang sama untuk melunasi hutang yang Dia miliki. Semua itu Tergantung dari tingkat kesungguhan dan keterampilan dari Pribadi masing-masing.

Di sini, Saya akan membagikan cara untuk meringankan beban hutang Anda.


Berikut 3 Sikap bijak mengatasi hutang.


1. Tenangkan diri

Pada kondisi yang sulit, Kita cenderung emosional, mudah marah gelisah dan acuh terhadap apapun. ditambah lagi tekanan dari pihak penagih yang kadang bersikap kasar atau bahkan mengancam.

Hal itu sering membuat Kita berpikir bahwa kehidupan Kita telah usai, kehilangan harapan, atau mungkin hanya mengeluh ke sana sini dan memikirkannya sepanjang waktu.

Yakinlah, hal ini tidak akan membantu Anda sama sekali.

Cobalah untuk tidak menghiraukan tekanan tersebut dan tenangkan hati Anda. Itu hanyalah sebuah hutang, jangan biarkan hal itu merenggut kebahagiaan hidup Anda dan keluarga.

Hindari berkeluh kesah yang tidak perlu kepada Orang lain. karena pada umumnya Mereka sangat mudah menyalahkan tindakan Anda, dan menilai Anda sangat ceroboh sehingga terlilit hutang.

Yakinlah bahwa hutang adalah sebuah cobaan yang harus Anda jalani, Dan akan segera dapat di tuntaskan.

Biasakan diri untuk selalu berdoa menurut keyakinan Anda. ada baiknya juga Anda meminta nasihat dari Orang yang anda percayai, itu akan membantu Anda untuk menenangkan hati.

Selain itu, ada banyak pelajaran yang bisa di ambil dari semua masalah Anda. seperti kata Pepatah “Pengalaman adalah Guru terbaik”. Tentunya itu akan membuat Anda lebih berhati-hati di kemudian hari.

Setelah hati Anda tenang, Anda bisa mulai menemui pihak pemberi pinjaman untuk menambah batas waktu dan menegoisasikan pinjaman Anda.


2. Hindari berhutang untuk bayar hutang

Gali lubang tutup lubang, sebuah kebiasaan yang kerap di lakukan jika Kita sedang dalam kondisi panik. Tidakan ini sama dengan mengubur diri kedalam masalah yang lebih rumit.

Permasalahan ini sering muncul ketika Seseorang merasa takut pada ancaman Penagih, atau juga karena gengsi yang berlebihan. Kebanyakan kondisi ini muncul karena Kita malu jika masalah tersebut dibeberkan kepada Orang terdekat Kita.

Percayalah, Mereka kebanyakan sudah mengetahui masalah Anda secara diam-diam, jadi Anda tidak perlu terus memikirkannya.

Janganlah retak karena tekanan penagih atau gengsi, karena tugas Anda saat ini adalah menyelesaikannya.

Tetapkan batasan ketat terhadap diri Anda untuk tidak berhutang lagi, kecuali Anda sedang dalam kondisi darurat.

Pilihlah opsi memberi penjelasan kepada Penagih untuk menunda pembayaran, dengan begitu Anda bisa sedikit leluasa bergerak tanpa membuat masalah yang baru.


3.Mulai mencari pemasukan yang tak terduga

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencari pemasukan yang tidak terduga, seperti menjual aset, barang-barang bekas dan lain-lain.

Anda juga bisa mencari Pekerjaan paruh waktu, yang tidak mengganggu pekerjaan utama Anda.

Dalam hal ini, Saya memiliki beberapa ide Bisnis tanpa modal yang mungkin cocok untuk Anda. Seperti bisnis Properti misalnya, atau menulis Artikel jika Anda memiliki bakat Menulis.

Untuk bisnis Properti, Anda dapat membaca Langkah suksesnya, dan mulai menjalankannya dari sekarang.

Baca: 3 Langkah sukses Bisnis Properti tanpa modal.

Jika Anda Memiliki kemampuan dalam hal menulis, Anda juga dapat segera membuat tulisan yang dapat menghasilkan uang.

Baca: Peluang Usaha Menulis Artikel

Selain contoh di atas Anda juga bisa mencoba hal lain yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang untuk Anda. Misalnya menjadi dropshiper, Supir Pribadi, Gojek, menjual produk Online dan lain sebagainya.

Intinya, lakukan apapun yang bisa Anda kerjakan dalam waktu luang. Apapun pekerjaannya, selalu posisikan diri Anda lebih giat dari sebelumnya.

Fokuslah pada tujuan Anda dengan motivasi yang kuat, bahwa Anda akan segera bebas dari hutang.

Waspadalah terhadap modus penipuan yang menawarkan bantuan. Jaga pikiran Anda agar tetap logis, karena kadang Kita mudah ngelantur saat menghadapi persoalan berat.

Tidak sedikit juga Orang yang malah menjadi Korban penipuan bermodus bantuan untuk pelunasan hutang, pinjaman online, Uang ghaib, Investasi bodong dan lain-lain.

Oleh sebab itu jika Anda memiliki Hutang yang harus diselesaikan, fokuslah pada mencari pundi-pundi yang tambahan dan jangan mudah percaya dengan hal baru yang menjual janji manis.

Bossulo

Memulai hal baru adalah pekerjaan Utama saya....

Tinggalkan Balasan