Perbedaan WordPress.com dan wordpress.org

Apa bedanya wordpress.com dan wordpress.org?

Ini adalah pertanyaan umum yang sering diajukan oleh seorang pemula saat pertama mendaftar wordpress. Termasuk Saya sendiri.

Saat itu Saya mulai mencari informasi terkait perbedaan antara wordpress com dan org di google. Saya sangat bersyukur karena menemukan banyak informasi yang sangat berguna dari para blogger-blogger hebat Kita.

Dari beberapa informasi yang banyak saya temukan, perbedaannya adalah, wordpress.com adalah platform gratisan sedangkan wordpress.org adalah paket berbayar. Jadi hari itu juga Saya pilih daftar di WordPress.com (karena Saya suka yang gratis).

Belum lama berselang, embel-embel itu mulai mengganggu pikiran Saya. Jadi saya putuskan dengan nekad untuk mencoba beli hosting dan domain Saya sendiri.

Saya membeli bukan karena bisnis ataupun investasi, saya tidak punya tujuan pasti saat itu. Mungkin hanya mengikuti insting liar saja.

Saat itu Saya tidak tahu sama sekali apa yang harus dilakukan, bahkan cara untuk membuka cpanel saja Saya tidak tahu.

Akibatnya Saya harus merelakan situs kosong tersebut terbengkalai selama beberapa hari. Hanya berguman dalam hati, Kekonyolan apa yang telah Saya lakukan.

Saya mulai membaca Artikel tentang masalah yang saya Alami, dan Lagi lagi Saya terbantu dengan tulisan para blogger yang hebat. Awesome!!

Pada akhirnya Saya baru tahu kalo ternyata kedua wordpress tersebut sama-sama gratis.

Jadi apa Bedanya?

Simak informasi Berikut ini:

1. Hosted dan self hosted

Dengan mendaftar wordpress.com berarti Anda telah membuat Blog dengan domain yang telah disediakan oleh pihak wordpress (hosted), Sehingga nama wordpress akan selalu disertakan pada Url alamat Blog Anda.

  • Nama domain Anda ‘situsAnda‘ domain yang di hasilkan adalah ‘http://situsanda.wordpress.com‘.
  • Nama domain Anda ‘Bossulo‘ domain yang di hasilkan adalah ‘http://bossulo.wordpress.com‘.

Lalu bagaimana jika Anda ingin memakai domain Anda sendiri?

agar domain Anda menjadi http://SitusAnda.com

Berikut 2 cara yang dapat Anda lakukan.

Worpress.com.

  • Pada wordpress.com Anda dapat memakai domain Anda sendiri dengan ubgrade paket premium pada wordpress.com. Besaran biaya terbilang bervariasi. mulai dari 4$ – 25$ perbulan yang akan ditagih tahunan untuk mengaktifkan paket bisnis. Hal itu akan memungkinkan Anda mendapat semua fitur premium wordpress dengan pelayanan dan yang prima.
  • Anda juga dapat membeli domain di penjual domain dan memilih opsi pakai domain saya saat mendaftar di wordpress.com

WordPress.org

  • Caranya dengan membeli hosting dan domain sendiri, kemudian memasang Instalasi wordpress.org ke hosting dan domain Anda. Dengan begitu, nama domain Anda tidak akan diikuti oleh wordpress.

Selanjutnya, bagaimana jika Anda ingin memulai dari paket yang gratis dulu? apakah isi blog wordpress.com bisa dipindah ke domain baru Saya? berikut jawabannya.

WordPress.com

  • Dengan ubgrade WordPress ke versi premium, Anda dapat menghapus nama wordpress pada domain Anda, dan memindahkan data lama Anda ke data baru secara otomatis.

WordPress.org

  • Jika Anda menggunakan hosting pribadi, Anda hanya perlu mengexpor isi wordpres.com ke instalasi wordpress.org yang terpasang pada hosting dan domain Anda, termasuk isi Artikel, komentar, laman, kategori, media, pengikut dan lain-lain.

Namun meski begitu Anda masih perlu mendaftar ulang pada Webmaster. Saya akan menyarankan Anda untuk mengaktifkan SSL sebelum mendaftar pada webmaster.

Selanjutnya kita akan menuju perbedaan wordpress.com dan wordpress.org yang kedua.

2. Theme dan plugin

Pada wordpress.com versi gratis, tema dan plugin yang dapat di gunakan sangatlah terbatas, kecuali jika Anda melakukan ubgrade wordpress.com ke paket bisnis.

Penggunaan paket bisnis berarti Anda telah menjadi pengguna VIP di wordpress.com. Hal itu memungkinkan Anda menggunakan semua fitur premium gratis yang telah disediakan oleh pihak wordpress.

Namun tetap saja, karena Anda memakai host dan domain yang di sediakan wordpress.com, Anda masih terikat dengan Terms and codition yang diberlakukan oleh wordpress.com

Berbeda lagi jika Anda membeli hosting dan domain sendiri, kemudian memasang instalasi wordpress.org pada hosting pribadi Anda. Dengan begitu, Anda dengan bebas menggunakan dan mengatur situs Anda.

Apa fitur yang di dapat dari pemasangan instalasi wordpress.org?

Sama seperti Vip wordpress.com, Anda bisa menggunakan semua tema premium dan plugin gratis yang di sediakan oleh wordpress. Namun kadang wordpress.org membutuhkan setting dan konfigurasi secara manual.

Lho kalo begitu Di mana perbedaannya tema dan plugin wordpress.com dan wordpress.org? Berikut Kesimpulannya.

WordPress.com

  • Anda menggunakan paket instan wordpress.com dan harus membayar biaya Paket VIP jika ingin menggunakan semua fasilitas tema dan plugin premium wordpress. Namun Anda tetap terikat dengan T&C wordpress.

WordPress.org

  • Anda memasang instalasi wordpress.org pada hosting dan domain yang Anda beli sendiri. Anda secara otomatis dapat menggunakan tema dan plugin premium layaknya anggota vip wordpress.com. hanya saja penggunaannya kadang membutuhkan setting manual.

Perlu di catat baik anggota Vip wordpress.com atau pengguna instalasi wordpress.org sama-sama hanya bisa menggunakan fitur premium dengan label gratis. Jadi jika Anda ingin meningkatkan kualitas layanan dari tema dan plugin tersebut, Anda harus membeli versi pro kepada pengembang tema atau plugin yang bersangkutan.

3. Iklan

WordPress.com.

  • Pada WordPress.com versi gratis Anda tidak di izinkan memasang Iklan dari Advertising Network seperti (Adsense dan lain-lain) Tapi anda diperbolehkan menyediakan slot pemasangan iklan pribadi dan Sponsored post.
  • Selain itu Anda dapat memasang Iklan advertisising dari WordAds (seperti AdSense, milik WordPress) dengan catatan website anda sudah cukup terkenal dan memenuhi persyaratan WordPress.
  • Untuk dapat memasang Iklan Advertising lain, Anda perlu menggunakan paket premium wordpress.com. dengan begitu Anda bebas memasang Iklan pada situs Anda. Namun Anda harus membaca T&C. karena meski menggunakan paket Vip, Anda tetap masih terikat dengan wordpress.

WordPress.org

  • Pada wordpress.org Anda dengan bebas memasang dan Iklan Apapun termasuk Adsense,wordads dan lain-lain.

Kesimpulan

Pada akhirnya Menggunakan wordpress.com dan wordpress.org sama saja.

WordPress.com adalah pilihan instan untuk membagun sebuah blog atau website, karena memiliki kemudahan dengan berbagai macam pilihan paket berbayar yang bisa disesuaikan dengan penggunanya.

Meski begitu, WordPress.org masih tetap menjadi rekomendasi utama. Selain kebebasan dalam penggunaan, Anda juga dapat belajar sekaligus membangun situs Anda sendiri tanpa ikatan dari pihak lain.

Itulah Ulasan Kami mengenai Perbedaan WordPress.com dan wordpress.org

Semoga bermanfaat.

Bossulo

Memulai hal baru adalah pekerjaan Utama saya....

Tinggalkan Balasan