Apa yang di maksud Domain? berikut penjelasannya

Sebelum Anda hendak membangun website, memahami pengertian domain merupakan salah satu hal yang patut untuk dipelajari terlebih dahulu.

Domain adalah sebuah nama yang digunakan sebagai alamat pada sebuah website, dengan tujuan agar dapat memudahkan seseorang menemukan dan mengingat nama website tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian domain, kegunaan, dan jenis-jenisnya.

Pengertian dan kegunaan Domain

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, domain adalah sebuah alamat yang dapat membuat website lebih mudah untuk ditemukan dan diingat oleh para pengunjung. Karena pada dasarnya, website memiliki dua alamat yaitu domain dan IP addres.

Domain berguna untuk interaksi antara manusia dan komputer, sedangkan IP addres memiliki kegunaan untuk interaksi antara komputer dan komputer.

IP addres merupakan sebuah kumpulan antara angka dan titik misalnya 101.27.185.27, Sedangkan domain menggunakan nama yang dipilih oleh sang pemilik website, sebagai ciri khas dari website tersebut.

Contohnya seperti google.com, youtube.com, facebook.com, yahoo.com, dan masih banyak lagi.

Untuk memudahkan Anda mengenal Domain, Mari kita lihat gambar di bawah ini.

Pada gambar diatas, domain yang kita gunakan diawali dengan protokol, SSL dan kadang juga Word wide web, kemudian diakhiri dengan Extension

Berikut penjelasan rincinya.

HTTP Merupakan singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas komunikasi dari Server kepada perangkat atau browser lain yang memungkinkan untuk mengakses, menerima dan menampilkan konten web.

HTTPS singkatan dari Hypertext Transfer Protocol secure, yang merupakan versi aman dari HTTP yang dapat dikenali dari akhiran S yang berarti secure.

pada penerapannya, menggunakan plaint text dan menyandikan setiap sesi dengan SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Dan kebanyakan menggunakan port 443.

WWW Singkatan dari World Wide Web, adalah sebuah ruang informasi yang yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber daya yang berguna.

DOMAIN asalah sebuah Nama yang digunakan sebagai alamat situs, dengan tujuan untuk memudahkan seseorang dalam mengingat sebuah situs, Pada gambar di Atas, domain adalah nama unik yang saya berikan untuk situs ini, yang di akhiri dengan Extension.

Contohnya bossulo.com (bossulo adalah nama domain, dan
.COM adalah Extension).

Tld rank yang populer

Apabila pengertian domain di atas telah dipahami, berikut beberapa jenis domain yang dapat Anda buat untuk keperluan website yang berbeda-beda.

1. Domain .com

Domain .com adalah yang terpopuler dengan cakupan international, dan paling banyak digunakan oleh situs besar diseluruh dunia. contohnya seperti google.com, youtube.com, facebook.com, dan lain-lain.

Nama .com sendiri diambil dari kata commercial, karena pada awalnya domain jenis ini digunakan untuk organisasi yang bersifat komersial.

Kini, seiring perkembangan jaman, ketentuan komersial tersebut telah dibuka bebas untuk segala macam jenis website.

2. Domain .org

Selain .com, domain .org ini juga bisa dikatakan cukup populer di kalangan para pemilik website.

Org diambil dari kata organization karena domain .org ini pada awalnya ditujukan untuk sebuah organisasi yang bersifat non profit. tetapi saat ini ketentuan tersebut telah dihapus dan.org sudah di berlakukan secara umum.

Umumnya, domain .org digunakan untuk website organisasi seperti LSM, pusat informasi, sekolah, proyek opensources, dan juga sebuah komunitas.

Untuk situs terkenal yang hingga saat ini menggunakan domain .org adalah wikipedia.org, sgiaedu.org, dll.

3. Domain .net

Nama .net diambil dari kata network. yang ditujukan untuk kepentingan organisasi teknologi dan jaringan.

Namun saat ini ketentuhan tersebut tidak dipatuhi, karena banyak situs yang menggunakan domain ini bukan untuk tujuan teknologi dan jaringan.

Berikut adalah situs-situs terkenal yang menggunakan domain .net telkom.net, bola.net dan masih banyak lagi.

4. Domain .ID

Selain Contoh diatas, ada juga domain lokal dari negara Kita. seperti domain .id – co.id – web.id dan lain-lain. Untuk mendaftarkan domain lokal beberapa syaratnya termasuk identitas diri.

Oleh sebab itu, Penggunaan domain lokal sangatlah dianjurkan jika Anda hendak membuat website untuk bisnis. Alasannya karena calon konsumen Anda adalah penduduk indonesia.

Dengan memakai domain Indonesia tentu mereka lebih mempercayai bisnis Anda, karena dinilai lebih valid dan jelas siapa pemiliknya.

Tips Memilih nama Domain

Karena domain memiliki fungsi agar website kita mudah diingat dan dikunjungi, tentu pemilihan nama domain yang tepat sangatlah diperlukan.

Saran terbaik untuk memilih nama domain adalah mencari kosa kata yang populer dan pendek, seperti situs.com, kompas.com. detik,com dan lain-lin. Sayangnya saat ini domain yang tersedia dalam satu kata sudah habis dipakai.

Namun Anda masih dapat mencari rangkaihan dua kata yang sesuai untuk website Anda. misalnya Situsanda.Com detikwaktu.com dan lain-lain.

Selain itu, hindarilah membuat domain dengan nama yang mengandung karakter dan angka. misalnya seperti situs-anda.com Situs@anda.com situsanda999.com. Nama tersebut akan sulit diingat, ditulis dan diucapkan oleh pengunjung Anda.

Sekian sedikit penjelasan domain dari kami, Selanjutnya Anda dapat mulai memilih domain untuk blog atau website Anda.

Bossulo

Memulai hal baru adalah pekerjaan Utama saya....

Tinggalkan Balasan