14 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan Di tahun 2020

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga – Apakah Kamu ibu rumah tangga ingin menghasilkan uang untuk membantu meringankan beban suami Kamu ? Untuk membantu pekerjaan utama suami, Kamu sebagai ibu rumah tangga dapat membantu dalam masalah keuangan dengan menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga. Usaha sampingan memiliki banyak jenis, yang penting adalah bisnisnya halal.

Saya sarankan, bagi Kamu ibu rumah tangga jangan terlalu serius dengan jenis usaha yang membutuhkan energi besar. Ambil jenis bisnis yang ringan dan bisa dilakukan di waktu luang, dan jenis bisnis sampingan yang bentuknya fleksibel (bisa dilakukan kapan saja).

Ada banyak contoh bisnis berbasis rumah tangga untuk ibu rumah tangga yang dapat dipilih, mulai dari yang membutuhkan modal kecil hingga yang membutuhkan modal besar. Atau Kamu dapat memilih salah satu bisnis yang saya tulis di bawah ini.

1.Buka Toko Online

Membuka toko online sangat menguntungkan, terutama jika Kamu tidak memiliki pekerjaan di rumah. Bisnis ini sangat cocok bagi Kamu para ibu yang tidak memiliki pekerjaan di rumah. Hanya dengan ponsel atau laptop, Kamu sudah dapat membangun toko online melalui rumah Kamu . Untuk promosi, Kamu dapat menggunakan iklan fb atau iklan google sehingga toko online Kamu semakin dikenal banyak orang.

Sistem untuk bisnis online ini menggunakan dropshipping atau menjadi reseller. Yakni cara berjualan secara online dengan menjual produk dari orang lain. Bisnis ini dilakukan ibu rumah tangga, cukup meluangkan waktu untuk mencari pendapatan tanpa harus meninggalkan rumah.

2. Katering

Memasak adalah salah satu hal yang berkaitan dengan wanita, dengan kata lain Kamu ibu rumah tangga tentu bisa memasak. Suatu hal yang aneh jika seorang ibu rumah tangga tidak bisa memasak makanan untuk keluarganya. Melihat ini, bisnis katering adalah bisnis yang selaras dengan semua ibu rumah tangga.

3. Menjual Paket Pulsa dan Data

Semua orang pasti dapat memulai bisnis ini baik pria maupun wanita, tetapi jika suami Kamu sibuk dengan pekerjaan utama, tidak ada salahnya jika istri Kamu membantu dengan membuka usaha penjualan pulsa dan paket data. Hanya dengan ponsel Kamu dapat memulai bisnis ini.

Untuk memulai bisnis ini, maka pulsa minimum Kamu dapat membeli saldo dengan 100 ribu. Dan untuk paket data mungkin agak mahal, tetapi justru paket data yang sekarang sangat diminati, karena sekarang ini adalah era internet, di mana pun kita cenderung membutuhkan internet.

4. Layanan Binatu

Selain memasak, hal lain yang identik dengan wanita adalah mencuci. Semua ibu rumah tangga wajib mencuci, setidaknya mencuci pakaian untuk keluarga mereka. Tetapi jika ekonomi keluarga memiliki masalah, Kamu dapat menggunakan bisnis ini untuk membantu masalah ekonomi ini.

Untuk memulai bisnis ini, setidaknya Kamu bisa mencuci sendiri. Alhamdulillah jika Kamu kuat mencuci pakaian secara manual dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Mesin cuci yang baik tentu akan mengkonsumsi banyak listrik, maka tentunya Kamu bisa memberi harga jual per kilo pakaian yang dicuci.

5. Layanan Menjahit Pakaian

Selain memasak dan mencuci, menjahit juga tidak luput dari pekerjaan perempuan, terutama ibu rumah tangga yang dulunya berada di sekolah kejuruan jurusan menjahit dan sejenisnya. Tetapi jika Kamu tidak bisa menjahit, Kamu harus belajar cara menjahit. Karena jika ada pakaian yang sobek, setidaknya pakaian keluarga, maka semua ibu bisa menjahitnya tanpa harus membawanya ke penjahat penjahit.

6. Jual Jus Buah

Usaha sampingan ibu rumah tangga berikutnya adalah menjual jus buah. Sekarang ini banyak orang beralih ke makanan dan minuman yang sehat. Memang, zaman ini sedang berkembang, tetapi ada banyak bentuk makanan dan minuman yang masih menggunakan pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya. Nah, untuk mengatasinya, tidak sedikit orang yang berusaha mencari makanan dan minuman yang benar-benar alami dan sehat, misalnya jus buah. Menjual jus buah sangat cocok untuk Kamu wanita, karena terlihat lebih segar daripada pria, terutama mereka yang menjual adalah mahmuda.

7. Buka Warung Makanan

Untuk membuka warung makan, intinya adalah Kamu harus bisa masak, bahkan harus mencoba memasak berbagai jenis makanan seperti rawon, soto, nasi pecel, nasi gulai, dan lainnya. Untuk membuka warung makan, modalnya cukup besar,

 

8. Menjadi Blogger

Menjadi blogger itu, sulit atau tidaknya tergantung bagaimana Kamu menginginkannya. Jika untuk pertama kalinya Kamu berniat menghasilkan uang dari blogging, itu sulit. Tetapi jika awalnya karena hobi, menjalaninya lebih mudah. Kamu para ibu sekalian wajib mencoba jenis usaha ini di waktu luang yang memiliki waktu seharian di rumah. Modal usaha Blogger ini minimal satu buah laptop, dan jaringan internet. Untuk blog sendiri kamu bisa membuat blog secara gratis di Blogger.com. Kamu bisa membangun blog dengan membuat artikel di waktu luang, seperti setelah memasak atau setelah mencuci pakaian. Setelah itu ada menenu penghasilan dimonetise pake adsense bisa.

9. Layanan membuat situs web

Sekarang ini banyak situs web yang digunakan untuk media promosi dan informasi. Setiap instansi, bahkan semuanya punya situs web. Ini karena dukungan teknologi yang telah berkembang pesat karena mudahnya informasi dapat dibagikan di internet.

Untuk itu, lembaga swasta atau negara memiliki situs web resmi. Ini bisa menjadi peluang Kamu , terutama jika Kamu bisa membuat situs web dengan konten yang menarik. Untuk memulainya, Kamu dapat menawarkan portofolio dari Wesbite ke instansi dimana teman Kamu bekerja. Jika mereka cocok, maka bisnis Kamu dapat dikembangkan dengan pemasaran yang lebih luas.

10. Bisnis kue atau roti

Ibu rumah tangga yang suka membuat kue, mari kita jelajahi cookie untuk menghasilkan uang. Apalagi sebelum Idul Fitri, banyak yang tertarik membeli kue dan roti untuk makanan para tamu. Bisnis ini membutuhkan sedikit modal, tetapi jika peralatan sudah ada, Kamu tinggal beli saja bahan bakunya. Untuk memulai, Kamu dapat menawarkan kepada tetangga, teman, dan lingkungan sekitar Kamu . Untuk lebih baiknya, Kamu bisa melakukan pemasaran online.

11.Bisnis makanan kemasan

Untuk memanfaatkan waktu dan energi agar tidak terbuang, maka dapat memulai bisnis makanan. Untuk lebih praktis Kamu bisa memilih penjualan makanan kemasan. Contoh produk yang bisa dijual adalah rendang, keripik, makanan ringan, dan berbagai makanan beku.

12. Membuat aksesoris

Mereka yang memiliki keterampilan kerajinan, maka ini sangat cocok dilakukan. Pembuatan aksesori bisa memiliki pasar yang strategis. Bros, ikat kepala, dan pernak pernik lainnya bisa menjadi barang penjualan yang menguntungkan.

13. Bisnis tanaman hias

Tidak perlu keahlian khusus. Selama Kamu suka dan peduli untuk merawat tanaman hias, maka peluang ini bisa menjadi ide bisnis rumahan. Selain menjual, Kamu juga bisa menyewakannya.

14. Menjadi agen PPOB

Dalam hal ini termasuk pembayaran PLN, Telkom, PDAM, kredit ke cicilan sepeda motor. Ini adalah bisnis yang menjanjikan dan tentu saja menguntungkan ibu rumah tangga.

Masih banyak sekali usaha yang bisa dijalankan sebagai sampingan ibu rumah tangga untuk membantu suami, berikut bisnis sampingan lainnya yang bisa para ibu sekalian coba di rumah :
– Membuat kerajinan tangan.
– Jual gorengan.
– Jasa event organizer.
– Jasa rias pengantin.
– Berjualan produk kecantikan.

Para ibu sekalian bisa memilih jenis usaha yang disukai, dan bila memang para ibu-ibu tidak ingin mencoba usaha yang saya sebutkan diatas, mungkin ibu-ibu bisa mencoba usaha lainnya. Lumayan kan hasilnya bisa membantu pekerjaan utama suami, selain itu uangnya juga bisa digunakan sebagai belanja sendiri.

 

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of